Blog

MENGENAL SKINCARE UNTUK ANAK

December 16, 2021
/
Parenting
MENGENAL SKINCARE UNTUK ANAK image

Menurut ilmu kesehatan, kulit pada anak memiliki fungsi penghalang yang hampir sama dengan orang dewasa. Namun tingkat sensitifitas pada kulit anak yang terbilang tinggi mampu menjadi pemicu terjadinya iritasi dan infeksi jika tidak mendapat perhatian khusus. Ekstrimnya cuaca dan aktifitas anak di luar ruangan pun sering kali menjadi alasan utama mengapa Mom harus memberikan perlindungan ekstra pada kulit mereka.

Sebagai orangtua pun harus memahami dan mengetahui kandungan apa saja yang dimiliki setiap produk perawatan kulit yang diaplikasi kepada tubuh si Kecil. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apa lagi kulit manusia memiliki kebutuhan dan tingkat kelembaban yang berbeda pula. Mengenal skincare untuk anak bisa menjadi langkah utama Mom agar kesehatan kulit si Kecil tetap terjaga.

Banyaknya ragam produk perawatan kulit dengan berbagai kandungan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan saat memilih skincare untuk si Kecil? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Sky Fence, Ciptakan Rumah yang Aman dan Nyaman untuk Anak

KETAHUI STRUKTUR KULIT ANAK

struktur kulit anak

Skincare yang digunakan untuk anak-anak tentunya berbeda dengan skincare orang dewasa. Mom harus mengetahui struktur kulit anak terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Menghindari bahan-bahan pemicu iritasi pun menjadi syarat utama.

Seorang ahli dermatologis, Dr. Tsippora Shainhouse, menyarankan untuk menggunakan pelembab berbahan krim dibandingkan lotion. Karena mampu menjaga kelembaban kulit anak lebih lama dan tidak cepat mengering. Penggunakan secara teratur sehabis mandi dan sebelum tidur ternyata mampu menjaga dan mempertahankan hidrasi kulit pada anak.


PENGGUNAAN SUNSCREEN SAAT AKTIFITAS LUAR RUANGAN

penggunaan sunscreen saat aktifitas luar ruangan

Tidak hanya digunakan saat di pantai atau sebelum berenang. Penggunaan sunscreen juga disarankan saat anak melakukan aktifitas luar ruangan lainnya. Meskipun sinar matahari mampu memberi asupan vitamin D untuk anak, namun seperti yang sudah dijelaskan di atas paparan sinar matahari yang terlalu lama pun mampu mengakibatkan iritasi pada kulit karena sensitifitas terhadap sinar UV yang dimiliki matahari.

Sunscreen yang digunakan pun ada baiknya mengandung SPF 30 dan tahan air. Berbahan zinc oksida dan titanium oksida sangat disarakan untuk anak yang memiliki kulit sensitif. Bahan tersebut mampu menghalangi sinar matahari menembus lapisan kulit dan tidak menimbulkan rasa panas.


KANDUNGN PADA SKINCARE ANAK

kandungan pada skincare anak

Perlu digaris bawahi, larangan untuk penggunaan produk yang memiliki kandungan parfum, zat kimia, detergen, atau bahan wangi-wangian lainnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari permasalahan kulit yang parah saat mereka beranjak dewasa.

Seperti yang dikatakan dr. Ariana Suryadewi Soejanto, M. Biomed pada salah satu artikel milik Grid.ID, "Pembersih muka itu harus. Bisa dimulai dari produk pembersih wajah yang tidak ada pewanginya dan tidak ada detergennya," ia menerangkan.
 
Namun, apabila anak sejak kecil sudah mengalami iritasi pada kulit ada baiknya setiap produk yang digunakan harus dikonsultasikan terlebih dulu kepada dokter. Agar terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan atau memperburuk keadaan kulit.

Mom, mengenal skincare untuk si Kecil memang tidak mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar kulit si Kecil tetap terjaga dan terhindar dari iritasi dan alergi yang kerap menyerang si Kecil. Sekarang harus lebih perhatian untuk kandungan dalam suatu produk yang digunakan untuk si Kecil ya!