Blog

WAKTUNYA ME TIME, MOM!

November 1, 2021
/
Parenting
WAKTUNYA ME TIME, MOM! image

Memutuskan untuk menikah adalah sebuah pilihan yang akan membawa banyak perubahan dalam hidup. Tanggung jawab akan semakin lebih besar ketika sang buah hati hadir melengkapi kebahagiaan rumah tangga. Fokus utama kita sebagai wanita bukan lagi tentang diri sendiri, tapi tentang suami, anak, keadaan rumah, pekerjaan kantor, dan banyak hal lainnya. Sampai-sampai kita sering sekali lupa bahwa diri kita membutuhkan perhatian yang sama besarnya. Atau mungkin, Moms mulai merasa penat dengan rutinitas sehari-hari sebagai ibu rumah tangga atau sebagai ibu rumah tangga yang juga merangkap sebagai wanita karir? Waktunya me time, Mom!

Memberikan waktu luang kepada diri sendiri untuk melakukan hal-hal yang kita sukai bukanlah sebuah kesalahan yang harus dihindari. Bahkan hal tersebut sangat wajar untuk dilakukan. Layaknya gadget, me time adalah proses pengisian daya untuk diri kita sebagai manusia. Tubuh membutuhkan istirahat dari banyaknya kegiatan yang kadang mulai terasa bosan bahkan mengarah pada perasaan stress. Tapi, sering kali kita mengabaikan signal-signal yang dikirimkan oleh tubuh yang menginginkan istirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari kita.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi “me time”, apa saja hal tersebut? Yuk simak selanjutnya di bawah ini.

KABUR DARI RUTINITAS BIASANYA

Kabur dari rutinitas biasanya

Kabur disini memiliki artian menjauh sementara waktu dari hal-hal yang biasanya dilakukan. Memanjakan diri dengan cara mengunjungi salon, membaca buku favorit, menonton reality show kesukaan, atau kalau ada kesempatan dengan waktu yang lebih panjang Mom bisa mengunjungi teman atau berjalan-jalan bersama teman tanpa membawa sang buah hati.

Mungkin untuk sebagian Mom hal tersebut sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Apalagi harus meninggalkan anak. Tidak Mom! Lakukan kesepakatan bersama pasangan. Sebelum pergi, Mom bisa menuliskan rincian yang harus dilakukan saat si Kecil menangis atau membutuhkan sesuatu. Persiapkan alat tempur untuk mempermudah. Seperti popok yang sudah dikemas di tempat tertentu, baju ganti yang bisa gunakan, botol susu yang sudah dicuci bersih dan bisa gunakan kapan saja, tisu basah dan kering yang gampang dicari.

Meski ada perasaan khawatir, tapi Mom juga harus tahu hal tersebut bisa menciptakan bonding antara ayah dan anak lho! Karena akhirnya mereka memiliki waktu yang lebih intens saat bersama.

Baca juga artikel lainnya di sini!

MENIKMATI SESI MANDI TANPA GANGGUAN

menikmati sesi mandi tanpa gangguan

Kalau di atas mengajak Mom kabur dari rutinitas yang biasanya Mom lakukan. Kalau ini adalah kebalikannya. Mom bisa meminta pasangan Mom untuk membawa si Kecil beraktifitas di luar rumah. Bermain ke rumah neneknya atau sekedar berjalan-jalan di taman komplek. Sementara itu, Mom bisa menikmati sesi mandi tanpa gangguan atau tergesa-gesa karena takut si Kecil menjadi rewel.

Saat menjadi seorang ibu, mandi adalah momen yang sulit sekali untuk dinikmati. Selalu ada suara tangis dari si Kecil yg membuat kita menjadi tidak tega dan ingin segera menyelesaikan kegiatan memanjakan diri tersebut. Tapi, sesekali Mom harus bisa menyediakan waktu untuk menikmati waktu Mom sendiri lho!

MELAKUKAN HOBI

melakukan hobi

Siapa yang dulunya senang sekali atau hobi mengunjungi tempat-tempat tertentu? Seperti museum instalasi karya seni, nonton film di bioskop, mengunjungi toko buku dan melihat-lihat buku terbaru, melukis, atau mungkin mengunjungi toko musik? Waktunya Mom kembali melakukan hal tersebut! 

Mengunjungi tempat favorit menjadi hal yang sangat menarik untuk dilakukan. Menikmati pemandangan sekitar yang tidak kita temui untuk waktu yang cukup lama bisa menjadi hal yang menenangkan dan bentuk relaksasi untuk pikiran. Karena sejatinya me time adalah bentuk self reward yang paling mudah dilakukan sebagai wanita yang telah berkeluarga Mom!

Nah, selain tiga hal di atas yang bisa kita lakukan saat me time. Menurut Mom, hal menarik apa lagi yang bisa kita lakukan? Yuk beri waktu istirahat untuk diri sendiri yang sudah sangat hebat menjalani rutinitas sehari-hari.