Blog

5 TEMPAT LIBURAN RAMAH ANAK

October 15, 2021
/
entertainment
5 TEMPAT LIBURAN RAMAH ANAK image

Berlibur atau berwisata bersama keluarga menjadi hal yang sangat menyenangkan dan pastinya menjadi momen yang dinantikan. Di Indonesia ada banyak destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan. Seperti pantai, pegunungan, taman bermain, perkebunan dan lainnya. Tapi, tahukah Moms kalau tidak semua tempat menjadi tempat wisata ramah anak? Apa lagi disaat-saat seperti sekarang ini.

Saat berlibur bersama keluarga ada baiknya tempat yang dituju mampu menciptakan pengalaman seru namun menyelipkan ilmu pengetahuan untuk anak. Hal ini terbukti memiliki manfaat dimasa yang akan datang karena anak menjadi lebih banyak tahu tentang lingkungan dan alam di sekitar mereka. Nah, berikut ini 5 tempat liburan ramah anak yang bisa menjadi rekomendasi untuk Mom dan Dad!

Selain itu simak juga kenapa sih Mom harus punya Pocket Sterilizer? Benda kecil yang bisa Mom bawa-bawa saat pergi berlibur.

TAMAN SAFARI INDONESIA

taman safari indonesia

Untuk warga Jakarta dan sekitarnya pasti sudah sangat akrab mendengar tempat wisata satu ini. Menurut Wikipedia Taman Safari Indonesia adalah tempat wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Taman Safari Indonesia terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau yang lebih dikenal dengan kawasan Puncak. Taman safari sendiri berjarak sekitar 58 km dari Jakarta Pusat dan dapat ditempuh dalam waktu 3-4 jam.

Kenapa Taman Safari Indonesia menjadi destinasi wisata ramah anak, karena Taman Safari Indonesia menyajikan lingkungan untuk hewan liar yang tidak dapat ditemukan di lingkungan tempat tinggal kita. Di sana, anak-anak akan mendapatkan pengalaman serta pengetahuan baru tentang hewan yang selama ini hanya mereka ketahui melalui cerita, buku, atau video yang Mom berikan. Banyak hal yang bisa mereka eksplor. Bukan hanya itu, menurut artikel dari liputan6 mengajak anak berlibur ke kebun binatang membawa banyak sekali manfaat. Diantaranya; memperkenalkan ekosistem kehidupan secara langsung, melatih anak mengatasi ketakutan, dan belajar mematuhi aturan. Karena seperti yang kita ketahui saat berlibur ketempat wisata pasti tempat tersebut memiliki aturan tersendiri.

Selain Taman Safari Indonesia, Indonesia juga memiliki banyak kebun binatang lainnya yang tersebar diberbagai daerah. Mom bisa mengunjunginya bersama keluarga dan tentunya si Kecil juga ya. Agar mereka bisa mengetahui lebih banyak hal tentang bumi yang mereka tinggali.

MUSEUM

museum

Museum menjadi tempat penyimpanan sejarah yang paling lengkap. Di Jakarta sendiri menurut situs lokadata beritagar pada tahun 2016 terdapat 64 museum yang bisa menjadi destinasi wisata pengetahuan untuk Mom dan keluarga. Ada banyak hal yang pernah terjadi di Indonesia ataupun dunia dan tercatat dengan sangat jelas di dalam museum. Sehingga anak mampu mengetaui dan memahami lebih cepat sejarah yang pernah terjadi.

Bung Karno pernah berkata; “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah karena Bangsa yang besar adalah Bangsa yang tidak melupakan sejarahnya.” Sehubungan dengan kalimat tersebut tidak ada salahnya berlibur ke museum dan mengalkan banyak sejarah pada anak. Lagi pula, sekarang ini museum memiliki daya tarik tersendiri untuk dijadikan tujuan wisata. Bukan hanya bicara tentang sejarah, museum pun kini mulai berkembang menjadi tempat yang menyuguhkan keindahan, trend, teknologi tingkat tinggi, dan hal-hal menarik lainnya yang mampu menarik perhatian wisatawan.Yuk, ke museum! Ciptakan pengalaman tidak terlupakan bersama si Kecil Mom! 

FARM HOUSE

farm house

Kembali pada alam, tempat wisata Farm House yang terletak di Lembang, Jawa Barat resmi dibuka pada tahun 2015 dan membawa nuansa Eropa dengan konsep perpaduan suasana pedesaan, pertanian, peternakan dan aglikultur pada abad pertengahan. Hal ini menjadi sesuatu yang baru dan jarang sekali bisa ditemui di Indonesia. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. 

Dinobatkan sebagai tempat wisata ramah anak, karena Farm House tidak hanya menyajikan nuansa Eropa tapi juga menyajikan berbagai permainan serta tempat-tempat seru untuk mengabadikan moment kebersamaan. Ada banyak hal yang bisa dicoba si Kecil sehingga memberikan pengalaman yang tidak terlupakan untuk mereka.

DUFAN

dufan

Seperti yang sudah diketahui Dufan menyediakan berbagai permainan yang bisa dinikmati dari segala usia. Anak kecil, remaja, orang dewasa, maupun orang tua. Jika anak Mom adalah anak yang senang mengeksplor diri dan suka dengan tantangan, Dufan menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Mom yang memiliki anak dengan sifat pemalu dan sedikit penakut Dufan juga bisa menjadi tempat yang menyanangkan untuk melatih anak agar menjadi lebih berani dan siap menerima tantangan.

Meski dalam setiap permainan anak harus diawasi orangtua, tapi permainan yang tersedia memberi manfaat baik untuk anak. Jadi, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke taman bermain Dufan bersama si Kecil, Mom!

JAKARTA AQUARIUM

jakarta aquarium

Dunia bawah laut memang membawa rasa penasaran tersendiri. Taman Safari Indonesia mengajak kita bertemu hewan liar di daratan. Jakarta Aquarium mengajak kita bertemu dengan hewan laut yang lagi-lagi tidak mudah untuk ditemui di lingkungan tempat kita tinggal.

Jakarta Aquarium menjadi tempat wisata edukasi yang terletak di NEO Soho, Jakarta Barat, sangat mudah dijangkau karena letaknya yang strategis. Yang bisa menjadi tujuan wisata di tengah kehidupan new normal seperti saat ini. Selain melihat-lihat kehidupan bawah laut, Jakarta Aquarium juga menyajikan 12 zona atraksi yang bisa Mom nikmati bersama keluarga. Sehingga, tidak ada salahnya mengunjungi tempat menyenangkan dan memperkenalkan kehidupan bawah laut kepada si Kecil kan Mom?

Bagaimana Mom? Sudah menemukan ide tempat berlibur bersama keluarga yang tentunya ramah anak? Dimasa sekarang ini memang tidak mudah memutuskan untuk bepergian keluar rumah tanpa tujuan yang jelas apalagi membawa anak. Namun tidak ada salahnya untuk menentukan 1 hari mengajak si Kecil pergi mengunjungi tempat wisata. Agar anak tidak stress karena setiap harinya harus bermain dan belajar dari rumah saja.

 

Saat bepergian yang harus selalu diperhatikan adalah kebersihan serta keamanan Mom dan keluarga ya. Jadi, selamat berlibur dan ciptakan keseruan yang tidak akan terlupakan sepanjang waktu bersama keluarga tercinta!