Blog

INTIP MANFAAT MEMBACA DONGENG UNTUK SI KECIL

July 21, 2021
/
Parenting
INTIP MANFAAT MEMBACA DONGENG UNTUK SI KECIL image

Indonesia merupakan negara yang berada di peringkat 62 dari 70 negara dalam bidang literasi. Hal ini didukung dari hasil survei Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis oleh Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019.

Literasi merupakan kemampuan serta pengetahuan seseorang terhadap ilmu pengetahuan yang bersifat subjek. Yang dimaksud dengan subjek di sini adalah ilmu pengetahuan yang berasal dari bacaan atau gagasan seseorang pada suatu bidang. Menurut M Syarif Bando sebagai kepala Perpusnas hal tersebut disebabkan oleh selama berpuluh-puluh tahun bangsa Indonesia hanya berkutat pada sisi hilir. Sebagaimana yang kita ketahui selama ini masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang rendah budaya bacanya. Sehingga berpengaruh pada pola pikir dan indeks literasi Bangsa Indonesia.

Saat budaya membaca sangat rendah di sebuah daerah atau negara, maka memiliki kecenderungan lebih mudah memercayai suatu berita tanpa tahu kebenaran yang sebenarnya terjadi. Inilah yang menjadi pemicu banyaknya berita hoax di kalangan masyarakat Indonesia. Lantas kalau begitu, hal apa yang dapat kita lakukan sebagai orangtua untuk mengubah budaya ini? Salah satunya adalah berusaha untuk menciptakan dan meningkatkan budaya membaca pada anak-anak.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai orangtua untuk meningkatkan minat baca terhadap anak-anak. Salah satunya adalah dengan memperkenalkan dan membacakan dongeng dalam setiap kesempatan kepada mereka. Karena kisah atau cerita yang terdapat pada dongeng adalah kisah yang mampu menarik perhatian anak-anak sehingga menghasilkan minat baca mereka. Selain itu, apa saja sih manfaat membacakan dongeng untuk si Kecil? Yuk simak info di bawah ini.

Baca artikel seputar parenting di sini.

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK



Si Kecil mulai memiliki banyak kosakata ketika menginjak umur 24 bulan. Kosakata ini digunakan si Kecil untuk berkomunikasi. Namun, pada umur tersebut, si Kecil masih memiliki keterbatasan dalam berbahasa dan mengerti ucapan orang-orang di sekitar mereka. Salah satu cara unik yang bisa Mom lakukan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa si Kecil dengan cara menceritakan banyak hal atau membacakan dongeng dan membiarkan si Kecil banyak bertanya mengenai kisah yang Mom ceritakan.

Mom juga bisa menambahkan benda-benda mati atau mainan si Kecil sebagai media Mom bercerita. Tujuannya agar si Kecil lebih mudah memahami dan mengerti isi cerita. Hal tersebut terbukti ampuh meningkatkan kemampuan si Kecil dalam berbahasa dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar mereka karena secara tidak langsung Mom telah mentransfer berbagai kosakata baru ke otak si Kecil.

MENGEMBANGKAN IMAJINASI ANAK



Menurut sebuah penelitian, daya imajinasi yang meningkat mampu membuat si Kecil menjadi anak yang lebih kreatif. Namun untuk memiliki daya imajinasi yang tinggi harus didukung dengan hal-hal menarik seperti buku bergambar dengan kisah-kisah yang mampu mendatangkan keingintahuan si Kecil. Yang secara tidak langsung akan menambah pengetahuan si Kecil tentang banyak hal dari setiap kisah yang diceritakan serta membuat si Kecil mampu membayangkan bentuk-bentuk dari sebuah benda yang belum pernah mereka temui secara langsung.

Dengan demikian, Mom bisa memulainya dengan cara membacakan dongeng untuk si Kecil sesaat sebelum tidur. Tidak hanya bisa mengembangkan imajinasi anak melakukan kegiatan membaca dongen hal tersebut juga bisa menjadi bentuk bonding antara anak dan orangtua.  

MENIMBULKAN MINAT BACA ANAK



Dalam beberapa kasus orangtua memiliki kesulitan untuk menimbulkan minat baca anak-anak mereka. Hal itu bisa disebabkan karena orangtua tidak membiasakan budaya membaca ke anak-anak mereka sedari dini. Perlu diketahui untuk menimbulkan minat membaca anak bisa dimulai dengan cara membacakan dongeng. Dengan demikian secara tidak langsung anak akan terbiasa membaca dan perlahan mengalami pergeseran selera. Yang sebelumnya menyukai buku-buku penuh gambar perlahan akan menyukai buku-buku yang lebih banyak diisi dengan kata-kata dan informasi menarik lainnya.

Budaya membaca inilah yang nantinya anak membantu meningkatkan indeks literasi Indonesia.

MENGAJARKAN HAL BAIK DAN BUDI PEKERTI DALAM KEHIDUPAN



Tidak hanya menjadi hiburan dan kegiatan pengantar tidur, membaca dongeng juga bisa menjadi media Mom mengajarkan banyak hal baik kepada si Kecil. Karena cerita yang disajikan oleh dongeng tidak jauh dari hal baik dan budi pekerti dalam kehidupan.

Bahkan bukan hanya hal baik, Mom juga bisa menjelaskan banyak hal moral, seperti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan si Kecil terhadap makhluk hidup lain disekitarnya. Seperti menyakiti teman melalui kontak fisik maupun perkataan. Atau menyakiti makhluk hidup lainnya yang ada disekitar mereka seperti merusak tanaman atau memukul hewan. Hal-hal tersebut bisa Mom ajarkan kepada si Kecil melalui kegiatan membacakan dongeng.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Mom dan si Kecil dapatkan dari kegiatan membacakan dongeng. Seperti yang telah dijelaskan di atas, selain membawa banyak hal baik untuk si Kecil kegiatan membaca dongen untuk si Kecil bisa menimbulkan minat baca pada anak dan menambah persentase indeks literasi Bangsa Indonesia. Jadi, yuk mulai kegiatan membaca dongeng dan jelajahi banyak hal menarik di dunia melalui buku.