Blog

PENTINGNYA TUMMY TIME BAGI SI KECIL

May 19, 2021
/
Parenting
PENTINGNYA TUMMY TIME BAGI SI KECIL image

Hello Moms, did you know? Menurut para ahli, bayi yang jarang melakukan tummy time dapat mengalami keterlambatan perkembangan fisik dan keterampilan motorik, lho! Ternyata tummy time sangat penting bagi perjembangan bayi. Bahkan kurang melakukan kegiatan tummy time dapat mengakibatkan masalah pada bayi seperti; flat head syndrome. Nah, kalau sudah begitu apa sih pentingnya tummy time bagi si Kecil?



Tummy time
adalah sesi dan latihan tengkurap pada bayi yang bermanfaat untuk mengembangkan otot-otot tubuhnya, khususnya pada otot leher, dada, bahu, lengan dan perut. Mommies dapat melatih bayi untuk melakukan tummy time sesering mungkin, karena ini baik bagi perkembangannya karena dapat melatih :

Melatih Kekuatan Leher 

Bayi perlu membangun kekuatan leher untuk memiliki kekuatan, stabilitas dan ketangkasan pada lengan dan tangan mereka, nah tummy time ini mampu melatih kekuatan lehernya karena si Kecil akan cenderung mengangkat kepalanya dan memutarnya dari sisi ke sisi, sehingga otot lehernya semakin kuat.

Menghindari Kepala Rata 

Bayi yang sering tummy time, biasanya memiliki kepala yang cenderung bundar, sehingga mereka terhindar dari Flat Head Syndrome.

Melatih Kekuatan Inti 

Kekuatan inti sangat berperan untuk mempersiapkan si Kecil dalam merangkak, duduk, hingga berjalan. Tummy time ini membantu si Kecil mengembangkan kekuatan intinya, karena saat tummy time, si Kecil mendorong tangan keatas atau menarik lututnya, sehingga dapat menguatkan bahu, pinggul, punggung dan otot perutnya.

Mengembangkan Sensorik 

Bayi yang sering tummy time cenderung mempunyai pengembangan visual dan sensorik yang lebih baik, karena mereka merasakan karpet, lantai, kasur, atau media apapun yang kita berikan sebagai alas tummy time


Nah, Mommies sudah paham ya untuk manfaat dari tummy time, sekarang yuk kita simak tips-tips apa saja yang perhatikan saat bayi tummy time :
  1. Pastikan bayi dalam kondisi kenyang, dan beri jeda setelah menyusui, agar si Kecil tidak muntah atau sakit perut
  2. Pastikan si Kecil dalam keadaan terjaga, karena menengkurapkan Bayi saat tidur dapat meningkatkan resiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome)
  3. Pastikan tidak ada barang yang tertindih dibawah perut bayi 
  4. Segera angkat dan usap-usap perut si Kecil saat ia merasa mulai tidak nyaman seperti menangis, ataupun merengek
  5. Lakukan tummy time secara rutin agar si Kecil terbiasa
  6. Letakkan mainan favoritnya didepannya atau ajaklah bayi untuk berinteraksi agar tidak cepat bosan
  7. Selalu awasi si Kecil saat dan selama tummy time
  8. Pastikan alas tummy time nyaman, tidak terlalu empuk ataupun keras, Mommies bisa menggunakan Playmat Cobyhaus Indonesia sebagai alas tummy time yang nyaman untuk si Kecil
Moms, usahakan ciptakan suasana yang menyenangkan selama melakukan tummy time yaa, buatlah tummy time sebagai rutinitas yang menyenangkan dan bonding antara Moms dengan si Kecil. Moms juga bisa menggunakan media lain yang mendukung aktivitas tummy time si Kecil semakin menyenangkan, seperti Taftoys tummy time book yang dapat Moms bacakan untuk si Kecil sambil mengenal dan menstimulasi Si Kecil, dan 2in1 soft developmental pillow yang nyaman..!